Urgensi Percepatan Pengesahan UU Keperawatan

Oleh: Masfuri, SKp, MN
http://www.emsik.tk

Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia di bagian Medikal Bedah.

Perawat Indonesia percaya bahwa kesehatan adalah asset sosial yang vital dan profesi perawat berkeinginan untuk memenuhi tuntutan sosial tersebut secara maksimal. Untuk dapat menjalankan tuntutan sosial tersebut perawat perlu:

  1. Mempengaruhi dan merespon perubahan kebutuhan dan prioritas bidang kesehatan secara cepat dan tepat
  2. Membangun dan memobilisasi potensi profesi perawat secara penuh
  3. Untuk itu, Perawat Indonesia percaya bahwa system tata kelola profesi perawat sangat mendesak dibuat untuk:
  4. Meningkatkan standar kinerja dan perkembangan professional perawat
  5. Memayungi masyarakat atas pelayanan perawat dengan sanksi disiplin, sosial dan hukum
    yang sesuai
  6. Tanggung gugat atas pelayanan dan perilaku professional perawat dalam masyarakat
  7. Penghargaan dan imbalan yang pantas atas kontribusi profesi dan kesempatan aktualisasi diri perawat atas bakti profesinya
  8. Universalitas standard dan penampilan perawat untuk meningkatkan identitas Perawat Indonesia dan mobilisasi perawat di era global


Akibat kelemahan system yang berjalan saat ini, banyak sekali hal yang merugikan masyarakat bangsa Indonesia dan khusunya para perawat, seperti kasus-kasus berikut ini:

  1. 700 perawat Indonesia yang bekerja di Kuwait terancam di pulangkan ke Indonesia akibat ketidakjelasan lembaga penjamin kompetensi lulusan, ijazah pendidikan dan system registrasi perawat di Indonesia.
  2. 167 perawat Indonesia yang dikirim ke Jepang dalam kerangka Indonesian Japan Economic Partnership dipertanyakan dan terancam tidak diakui ijazah pendidikan perawat pada kategori tingkat perawat yang sesuai dengan tingkat pendidikan perawat Indonesia akibat ketidakjelasan perbedaan bermacam-macam tingkat pendidikan dan katagori perawat yang tidak sesuai dengan kaidah internasional
  3. Ancaman pengangguran terdidik perawat yang sangat besar akibat lemahnya daya serap local dan tingginya lulusan perawat yang mencapai 31.000 pertahun dari 780 sekolah perawat yang ada atau telah mencapai angka ratusan ribu perawat tidak terserap pada bidangnya. Sementara penempatan ke luar negeri terkendala akibat akuntabiltas system penjaminan mutu lulusan dan registrasi dalam negeri yang dipertanyakan banyak pihak asing. Sehingga peluang miliaran rupiah dari remittance yang bisa tidak bisa diterima (gaji awal perawat di negara maju rata-rata per jam antara US$17-25), karena sesunggunya negara-negara maju kekurangan perawat hingga mencapai 2 juta orang hingga tahun 2015.
  4. Potensi kerugian rumah sakit akibat pemberlakuan Casemix dan DRGs karena komplikasi dan terjadinya kejadian yang tidak diinginkan yang salah satunya disebabkan oeh lemahnya tanggungjawab rumah sakit dalam meng-update kompetensi perawat. Komplikasi ini menyebabkan pemanjangan masa rawat pasien dan berdampak pula terhadap penurunan daya tampung rumah sakit dalam menerima pasien baru. Akibatnya, pasien yang menungu pelayanan akan bertambah parah penyakitnya.
  5. Pembengkakan nilai jaminan kesehatan di rumah sakit hingga Rp. 1, 145 triliun yang ditanggung oleh pemerintah akan terus terjadi dan semakin meningkat bilamana tidak didukung oleh kualitas perawat yang 24 jam memonitor, mengintervensi, mendeteksi dan mengoptimalkan proses penyembuhan pasien. Sementara, akibat penurunan produktifitas penduduk yang sakit, negara mengalami kerugian sedikitnya Rp. 2,141 triliun per bulan.
  6. Sementara, dari sisi perawat, perlindungan kerja yang minimal dari penyakit menular seperti HIV/AIDS dan keselamatan kerja berdampak pada kinerja mereka dalam melayani pasien.

Kenyataan menunjukan bahwa perawat sering dianggap profesi yang kurang menentukan bagi indicator maju atau mundurnya sebuah bangsa. Padahal, kekuatan sebuah bangsa tergantung pada kesehatan dari penduduknya secara umum. Pengesahan Rancangan Undang Undang Keperawatan secepatnya akan berdampak kepada tingkat kepercayaan, perlindungan, kualitas pelayanan dan daya saing global perawat Indonesia.

  1. I was recommended this website by my cousin. I am not certain
    whether this submit is written by means of him as no one else understand such distinctive
    about my problem. You are wonderful! Thanks!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: